Skip to main content

Manfaat dari Kebaikan PAKCOY dan Kemudahan Menanamnya


Bukan suatu kebetulan, aku dan teman-teman pernah menanam sedikit sayur pakcoy di halaman samping kantor. Dan pakcoy ini sudah pernah dipanen juga. Meskipun tidak banyak, disini kami bisa merasakan pakcoy hasil  dari menanam sendiri.

Hasil panen pakcoy itu, aku masak dengan dicampur mie instan. Cara masaknya mudah, yaitu dengan mendidihkan air, kemudian masukan mie hingga setengah matang. Setelah itu air rebusan dibuang dengan tujuan untuk mengurangi efek bahan pengawet, yang ada dalam mie yang
disinyalir bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering. Nah, setelah air rebusan pertama dibuang, rebus kembali dengan air baru hingga matang. Kemudian masukan sayur pakcoy. Setelah pakcoy mulai layu, dan tidak terlalu matang, tuangkan ke mangkok kecil kemudian beri bumbu. Untuk menambah rasa tambahkan kecap dan saos cabe atau tomat. Sesuaikan dengan selera lidah masing-masing yeaa... wow!!! Yummy....

Menurutku makan mie rebus paling enak jika dimakan ketika cuaca sedang dingin.. mmmm anget... nyam-nyam. Mie Coy alias Mie Pakcoy (ngarang... haha). Kalau malas masak... bisa membeli nya di penjual mie rebus. Tapi apakah kita bisa menjamin bahwa cara pengolahan dan sumber bakan bakunya aman.?

Mengingatkan kembali, bahwa makanan yang harus kita konsumsi itu  haruslah B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) Sebenarnya mie yang dimasak komposisi kandungan gizinya kurang lengkap , karena tidak ditambahkan bahan makanan yang mengandung sumber protein, seperti telor, daging atau ikan. Tapi...., sumber protein tadi aku ganti dengan meminum segelas susu coklat. Nah... sekarang lengkaplah kandungan gizinya. Kombinasi makanan yang sempurna... porsi sesuai lah untuk satu waktu makan. Jika tidak sesuai porsinya, dialihkan saja kekuranganny ke waktu makan yang lain.Jangan sampai berlebih, itu bisa menyebabkan tumpukan lemak di badan kita...

Sudah tau belum, kenapa pakcoy baik dikonsumsi oleh tubuh kita. Kebaikan si sayur Pakcoy  ini diantaranya adalah:
  
Mengandung FOLAT yang membantu pembetukan sel darah merah dan mencegah anemia.
Sayur pakcoy mengandung folat. Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air. Folat ini berfungsi membentuk sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu juga  dapat mencegah cacat tabung saraf, kelainan pembentukan otak atau kemungkinan terjadinya kelainan tulang belakang pada janin. Sayur pakcoy sangat cocok dikonsumsi untuk ibu hamil.

Mengurangi Kolesterol dan Melancarkan Pencernaan.
Serat-serat yang ada dalam sayur pakcoy akan mengikat asam empedu penyabab kolesterol, kemudian mengeluarkannya bersama kotoran. Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.

Mengandung Vitamin A. untuk menjaga Kesehatan Mata
Sayur pakcoy mengandung vitamin A yang cukup tinggi. 84,9% kebutuhan tubuh akan Vitamin A dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi satu cangkir pakcoy. Vitamin A ini berfungsi juga menjaga agar kornea mata selalu sehat.

Mengandung Vitamin K yang membantu proses pembekuan darah.
Vitamin K banyak terkandung pada sayur pakcoy. Vitamin K ini selain membantu proses pembekuan darah, juga dapat membantu mencegah penyakit parah seperti jantung dan stroke. Karena Vitamin K juga mampu melakukan pengaturan protein tulang dan kalsium dalam tulang dan darah, dengan mengkonsumsi pakcoy dapat menjaga tulang dari proses osteoporosis.

Mengandung Vitamin E, untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan.
Bagi yang selalu ingin awat muda, perbanyaklah mengkonsumsi sayur pakcoy. Kandungan Vitamin E yang ada pada PakCoy dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berperan baik dalan mencegah penuaan.

Mengandung Vitamin C untuk pembentukan kolagen.
Kandungan vitamin C yang ada pada pakcoy hampir setara dengan jeruk, yang mampu membantu pembentukan kolagen interseluler. Kolagen merupakan senyawa protein yang banyak terdapat pada tulang rawan, kulit bagian dalam tulang dan dentin gigi.

Ternyata banyak juga ya kebaikan yang diberikan sayur pakcoy ini. Setelah tau manfaat  ini, tertarik dong untuk mengkonsumsinya?? ...

Untuk bisa mengkonsumsi sayur pakcoy tiap hari. Sebaiknya kita menanam sendiri. Ga punya lahan? Tenang aja... kita bisa memanfaatkan halaman yang sempit.  Dengan menanam sendiri, pakcoy yang dikonsumsi akan lebih terjamin keamanannya. yang pasti bebas pestisida.

Sayuran pakcoy termasuk jenis sayuran yang berumur pendek. Biasanya umur tanam pakcoy adalah 45 hari. Pakcoy bisa tumbuh baik didataran rendah dan dataran tinggi.  Syarat tanam yang perlu kita ketahui adalah pH tanah berkisar antara 5.5 – 6, dengan areasi lahan sempurna dan cukup mendapatkan sinar matahari


Menanam pokcoy yang pernah aku praktekan cukup sederhana. Mengingat lahan yang terbatas. Maka lebih mudah menanam pakcoy dalam polybag.

Penyemaian.
Dengan menggunakan baki persemaian yang diisi dengan media tanam, disini diisikan untuk satu kotakan dengan satu biji benih pakcoy. Waktu menyemai kurang lebih satu minggu.

Penyiapan Media Tanam.
Media tanam seperti biasa, merupakan campuran dari tanah, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Media tanam ini kemudian dimasukan kedalam polybag yang berukuran 20 cm.

Penanaman.
Bibit pakcoy siap dipidahkan kedalam polybag, jika telah memiliki 3 sampai 5 helai daun. Ciri-ciri bibit yang sehat adalah batangnya tumbuh dengan tegak, daunnya berwarna hijau segar, serta tidak terserang penyakit atau hama.

Pemeliharan.
Lakukan penyiraman secara teratur, jika cuaca panas dan kurang hujan. Lakukan penyiraman di pagi dan sore hari. Pakcoy merupakan sayuran yang sangat bergantung pada air. Selain itu, lakukan juga penyiangan, jika ada tanaman penganggu atau gulma di dalam polybag tanaman pakcoy.


Panen.
Pakcoy siap dipanen setelah berumur 45 hari. Cara panen sangatlah mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Cabut batang bagian bawah pakcoy dengan hati-hati. Bersihkan dengan air bersih.

Mudah sekali bukan, menanam sendiri sayur pakcoy...

Mengatahui manfaat dari kebaikan pakcoy, cara menanam pakcoy serta mengolahnya terbukti tidaklah sulit. Semoga Bermanfat !!


Daftar Pustaka
http://1001budidaya.com/budidaya-pakcoy/

http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur/30760-rahasia-ajaib-sawi-hijau-sendok-atau-pak-coy.html

Comments

  1. waaa.. paling suka makan ini nih, kalau beli mie ayam anakku nyisain ini buat emaknya... mie ayamnya sih dimakan sama mereka sendiri sampe ludes... eh, baru tau kalo ternyata pakcoy ini baik banget... minta bibitnya sekalian buuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong, aq jg lagi doyan.. bibit kyknya msh ada, mampir aja :) mdh2n ga kehabisan,hehe

      Delete
  2. wah jadi pengen nanem di rumah
    Mie paling enak memang dicampur cayur kalau gak pokcoy biasanya caisim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk nanam, manfaatkan perkarangan yg ada di rumahnya :) ... iya kalu cm mie aja rasanya standar... hehee

      Delete
  3. terima kasih telah berbagi info.....
    artikelnya sangat bermamfaat.....
    salam kenal san salam sukses..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ... syukurlah kalau bermanfaat... salam kenal juga

      Delete
  4. memang enak makan mie instan pas dingin-dingin, tapi kalau saya sudah cukup lama berhenti makan mie instan, kalau mau makan mie,beli mie telur dan bikin bumbu sendiri (dibikinin sih.. :p)
    kalau di tempat saya sayur itu namanya Bokcoy, tapi ada juga yang menyebutnya sebagai pakcoy, apapun namanya, minumannya tetap air putih ya... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru denger Bakcoy...
      Emang sebaiknya mie instan dihindari sih, kalau ga terpaksa banget... lebih bai bikin mie sendiri ,, mudah ko )

      Delete
  5. Informasi yang bermanfaat, makasih telah berbagi ilmu. Baru tahu kalau ada tanaman yang namanya Pakcoy.

    ReplyDelete
  6. Pakcoy banyak ya manfaatnya. Makasih ya mbak, soalnya aku demen makan tp jarang tau apa manfaatnya hehehe.

    Btw, aku mau ngasih tau juga kalo di blog aku lagi ada Giveaway :) http://gebrokenruit.blogspot.com/2015/05/giveaway-kedua-mfrosiy.html Ditunggu partisipasinya ya :) Tuliskan aspirasimu dan tebarkan inspirasi terhadap sesama. Selamat berkreasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehat terus dengan makan pakcoy ya :)
      Iyah nanti dikunjungi blog nya,,,,

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Alami Menyembuhkan Diare Pada Kucing

Teman-teman pecinta kucing pernah mengalami kucingnya sakit diare kah? Kucing saya pernah nih. Saya punya dua ekor kucing. Yang besar kucing lokal Indonesia, alias kucing kampung dan yang kecil kucing persia.  Yang besar bernama Phiu, adik angkatnya yang kecil bernama Pow .Nih fotonya nampang dibawah... ^_^.

Dulu pertama kali memelihara Phiu, dia sempat terkana diare. Tiga hari berturut-turut intensitas buang airnya sering dan kotorannya berupa cairan, tidak padat seperti kucing  sehat. Kemudian saya membeli obat ke petshop dan dokter hewan disana memberi obat racikan berupa kapsul. Dokter memberi obat buat jatah 3 hari, namun ternyata baru satu kali minum obat, si Phiu sudah sembuh. Phiu kucingnya memang tidak terlalu merepotkan, ketika diberi kapsul obat mencret langsung ditelan. Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah kena diare lagi. Sehat terus ya Phiu .... :*

Cara Alami Menyembuhkan Demam Pada Kucing dengan Madu

Jika kucing yang kita pelihara sakit, lebih baik kita membawanya ke dokter hewan. Karena Dokter Hewan adalah orang yang paling kompeten dan tahu bagaimana cara terbaik untuk menyembuhkan kucing yang sakit. Jika kita memiliki dana yang cukup untuk mengobati kucing, sebaiknya segera diperiksakan saja ke dokter hewan.
Namun jika dana kita terbatas (khususnya saya), saya akan mencoba alternatif lain terlebih dahulu yang memerlukan biaya lebih murah untuk mngobati kucing kesayangan saya. Karena disesuaikan juga dengan kondisi ekonomi saya saat ini.
Melalui tulisan ini saya ingin berbagi dengan teman-teman pecinta kucing ketika kucing saya mengalami sakit. Saya hanya menuliskan berdasarkan pengalaman saja. Saya pernah membawa kucing saya ke Dokter Hewan dan satu kali pemeriksaan ditambah pembelian obat-obatan saat itu menghabiskan uang diatas 200 ribu. Jika hanya setahun sekali atau dua kali, saya masih bisa lah menyisihkan uang untuk biaya perawatan kucing  jika terkena penyakit. Namun jika …

Berlibur ke The Jungle Water Park

Senangnya ketika kita berjanji, dan janji itu bisa ditepati. Beberapa bulan yang lalu saya berjanji kepada keponakan untuk mengajak mereka berlibur ke The Jungle Water Park. Karena Allah saya bisa mewujudkan janji saya ini. Janji ini terlaksana ketika liburan panjang akhir Tahun 2015 lalu.
Sebagai bentuk rasa syukur, karena nikmat yang diberikan oleh Allah swt, saya mengajak kedua orang tua, kakak dan kakak ipar bersama anak-anaknya serta adik bapak yang perempuan bersama anak perempuannya, paman dan bibi dan kedua anak lelakinya. Kebetulan memang kesamaan hobby kami semua adalah berenang dan bermain di wahana air. Khususnya kedua ponakan, Raisya dan Haura  mereka sangat suka sekali bermain air. Alhamdulillah akhir tahun ini ada saya dapat cukup rejeki, untuk bisa mengajak keluarga saya bermain di The Jungle Water Park ini.