Sep 20, 2015

Mengusir Nyamuk tanpa Obat Nyamuk

“Ngiuuuung... Ngiiinngg ... Jeplak !! Jedar Jedeeeerrr !!!.
Itulah suara nyamuk yang berterbangan kesana-kemari, kemudian saya mencoba “Menjeplak” nya dengan tangan.
Duhh.. sangat menganggu deh, kalau lagi tidur kemudian ada nyamuk yang berterbangan kesana kemari. Tidur jadi gak nyenyak. Gigitin kakilah, gigitin tanganlah, gigitin pipilah, ampe merah-merah dan gatal-gatal disana-sini. Terus udah “dijeplak” sana sini, tapi ga satupun nyamuk yang ketiban tangan.. cape deh..

Contoh Obat Nyamuk Yang Praktis
Biasanya jika di rumah banyak nyamuk, cara yang mudah untuk mengusir atau membunuh nyamuk adalah dengan menggunakan “Obat Nyamuk”, baik itu yang dibakar, disemprot ataupun yang menggunakan elektrik. Saya biasanya menggunakan obat nyamuk elektrik dan obat nyamuk semprot.  Sebelum tidur semprot sana sini, nyamukpun pergi. Atau kalau memakai obat nyamuk elektrik, sebelum tidur,,, selama minimal 8 jam, obat nyamuk tersebut terus menyala. Memang nyamuknya pergi... sadar tidak sih, kalu kita juga ikut menghisap obat nyamuk itu...

Tahukah kamu?  Pada umumnya obat anti nyamuk itu mengandung zat aktif Diklorvos atau DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat) yang merupakan turunan dari chlorine, dimana menurut World Health Organization (WHO) termasuk racun kelas 1 (satu) . Dampak negatifnya pada kesehatan manusia yaitu dapat merusak syaraf , menganggu pernafasan, jantung , sistem reproduksi dan juga dapat memicu kanker.

Tanaman Zodia di Taman Agro Inovasi BP2TP Cimanggu Bogor

Nah, daripada kita mempertaruhkan kesehatan kita dengan menggunakan anti nyamuk dari bahan kimia, alangkah lebih baik jika kita beralih ke penangkal atau anti nyamuk yang alami, lebih ramah lingkungan dan tidak menganggu kesehatan kita. Mau gaakk?? Mau tau caranya ?


Zodia (Evadia suaveolens).
Nama gadis cantik kah? Nama obatkah? Nama bintang film kah? Maaf yah, salah semua... hahaha

Zodia (Evadia suaveolens) merupakan tanaman asli yang berasal dari timur Indonesia, yaitu Papua. Biasanya penduduk di papua ini jika pergi ke hutan, untuk melindungi dari gigitan serangga selalu menggosokan daun dari tanaman Zodia ini ke kulit tubuhnya. Jadi dari kebiasaan orang Papua inilah, Zodia dipercaya bisa mengusir nyamuk... karena sudah terbukti kaannn buat mereka.

Kenapa nyamuk tidak suka dengan tanaman Zodia??.. karena tanaman ini mengeluarkan aroma yang bisa membuat nyamuk mabok darat, laut dan udara ( hahahaha, bercanda pemirsa).

Nyamuk tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh tanaman Zodia dapat dijawab dengan hasil analisa yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro). Dengan gas kromatografi , minyak yang disuling dari tanaman ini mengandung linalool (46%), dan a-pinene (13,26%). Nah linalool ini dikenal sebagai pengusir (reppelent) nyamuk.

Tanaman Zodia di Tempat Penangkar Tanaman Hias, Ds. tamansari, Kec.Tamansari, Kab.Bogor

 Pakai Zodia yuukk untuk mengusir nyamuk. Dijamin tidak akan menganggu kesehatan kita. Nyamuk ngacir kita nyengir,,, haha...

Nah... Untuk mengusir nyamuk di dalam rumah kita dan sekitarnya, kita bisa menanam tanaman ini di pekarangan atau di dalam pot. Tanaman Zodia ini cukup indah juga loh, bisa dijadikan sebagai tanaman penghias di rumah kita. Apakah itu dipekarangan ataupun didalam ruangan di rumah kita. Oh iya.. Tinggi tanaman zodia berkisar antar 75 – 200 cm, tapi pada umumnya hanya tumbuh dengan ketinggian 75 cm. Jika tidak ingin terlalu tinggi, bisa dipangkas secara rutin, sesuai keinginan kita.

Selamat Mencoba yaaa !!! Semoga Bermanfaat !!

Zodia di Rumahku


Sumber Pendukung:

Kardinan.Agus (2004). Zodia (Evadia suaveolens) Tanaman Pengusir Nyamuk  . Tersedia di : http://www.litbang.pertanian.go.id/artikel/one/77/pdf/Zodia%20(Evodiaa%20suaveolens):%20Tanaman%20Pengusir%20Nyamuk.pdf(Diambil tanggal 20 september 2015)

6 comments:

  1. Jadi pengen coba nanem juga di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja mbak, mudah ko perawatanya :)

      Delete
  2. wah bagus itu ya, apa bisa tumbuh di daerah panas seperti Cirebon???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak...
      Di cirebon juga kyknya ada,. udah ada dimana-mana ko.. di penjual tanaman hias atau obat biasanya adanya

      Delete
  3. Biar nyamuk, nga ada di Indonesia yuk nanem rame2,,, tapi bibitnya kirim yah,,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jarak dekat bisa, wilayah bogor ya?

      Delete