Nov 9, 2015

Es Serut Manggala (Mangga & Pala )

Pala merupakan tanaman lokal yang banyak ditanam oleh petani yang ada di Kecamatan Tamansari. Yang bernilai ekonomis tinggi dari buah pala ini adalah bijinya. Dari biji ini dihasilkan minyak pala yang banyak digunakan sebagai bahan baku industri obat-obatan atau kosmetik. Biasanya petani pala yang ada di Kecamatan Tamansari, Kabupatn Bogor, hanya memanfaatkan biji pala nya saja untuk dijual, sedangkan daging kulit palanya tidak dimanfaatkan atau bahkan dibuang.


Dalam rangka memanfaatkan dan meningkatkan nilai tambah serta nilai ekonomi dari kulit buah pala ini, KWT anggrek yang ada di Kp. Pangkalan Ds. Sukajaya, Kec. Tamansari, Kab. Bogor mempelajari dan memperaktekan cara mengolah buah pala menjadi es serut Manggala (Mangga dan Pala). Jika sedang musimnya, buah mangga dan buah pala sangat mudah diperoleh, baik dari kebun sendiri atau juga membeli di petani atau pasar terdekat yang ada di Desa.


Praktek Pembuatan Es Serut Manggala
Sebagai narasumber dari praktek pembuatan Es Serut Manggaa ini adalah rekan kerja saya, seorang penyuluh pertanian  bernama Ibu Hatifah Nurtilawati yang bekerja di Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutahan (BKP5K) Kabupaten Bogor.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan es serut manggala:
Bahan untuk sirup pala:
Pala : 0,5 kg
Garam : 2 sdm
Gula : 0.5 kg
Air matang : 1 liter
Bahan tambahan untuk penyajian:
Mangga : 0,5 kg dikupas dan diiris tipis
Es batu : secukupnya
Air matang: secukupnya

Cara membuat:
  1. Pala dikupas, dipotong dua dan dibersihkan menggunakan air matang
  2. Larutkan garam dengan air matang, diamkan
  3. Parut pala, kemudian masukan ke larutan garam, endapkan selama 5-8 jam (semakin lama, semakin kental sirupnya akan semakin baik)
  4. Setelah diendapkan, pala disaring. Pisahkan ampas dan sirup pala kemudian dinginkan
  5. Ampas pala diiris tipis sesuai selera, campurkan dengan sirup pala
  6. Cara meyajikan masukan 2 sendok/sinduk pala kedalam gelas atau cup, kemudian isi dengan es batu dan air sesuai selera, dan tambahkan buah mangga secukupnya





2 comments: