Dec 19, 2015

Cara Alami Menyembuhkan Diare Pada Kucing

Teman-teman pecinta kucing pernah mengalami kucingnya sakit diare kah? Kucing saya pernah nih. Saya punya dua ekor kucing. Yang besar kucing lokal Indonesia, alias kucing kampung dan yang kecil kucing persia.  Yang besar bernama Phiu, adik angkatnya yang kecil bernama Pow .Nih fotonya nampang dibawah... ^_^.


Dulu pertama kali memelihara Phiu, dia sempat terkana diare. Tiga hari berturut-turut intensitas buang airnya sering dan kotorannya berupa cairan, tidak padat seperti kucing  sehat. Kemudian saya membeli obat ke petshop dan dokter hewan disana memberi obat racikan berupa kapsul. Dokter memberi obat buat jatah 3 hari, namun ternyata baru satu kali minum obat, si Phiu sudah sembuh. Phiu kucingnya memang tidak terlalu merepotkan, ketika diberi kapsul obat mencret langsung ditelan. Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah kena diare lagi. Sehat terus ya Phiu .... :*


Nah, untuk menemani Phiu, saya menambah memelihara satu ekor kucing lagi. Pow anak kucing persia, usianya baru 2,5 bulan ketika pertama kali dipelihara di rumah. Rupanya Pow mengalami stress akibat perpindahan dari rumah lamanya di Sumedang ke Bogor. Akibat stress ini Pow jadi sering buang air, dan kotorannya cair. Sepertinya Pow terjangkit diare.

Untuk mengobati Pow, saya memberikan obat yang sama seperti untuk Phiu. Namun ternyata mengobati Pow tidak semudah ketika mengobati Phiu. Pow tidak bisa menelan kapsul, mungkin karena kapsulnya terlalu besar untuk  mulut kucing yang  umurnya masih 2,5 bulan. Saya ga kehabisan akal dong, saya buka kapsulnya, terus dicampur dengan air kemudian saya cekokin ke mulut Pow. Tapi ternyata tidak semudah seperti yang dibayangkan juga, obat yang diminumkan malah dimuntahkan. Mungkin karena rasanya pahit.

Karena khawatir dehidrasi dan semakin parah, saya ke petshop lagi saya putuskan untuk membeli obat cair dan alat untuk meminumkannya ke kucing. Tapi ternyata tidak mudah juga. Bingung juga nih, cara ngasih obatnya. Susah dikasih obat ini anak kucing.

Akhirnya saya mencari Informasi melalui Internet. Bagaimana cara menyembuhkan diare pada kucing. Di internet saya menemukan artikel cara menyembuhkan diare pada kucing dengan tempe. Saya baca sampai habis tuh artikel. Selesai membaca, saya langsung ke warung membeli tempe dan ikan tongkol. Saya praktekan apa yang tertulis di artikel itu tapi sedikit dimodifikasi juga ketika meramunya.

Tempe dipotong kecil-kecil, kemudian di campur dengan tongkol. Karena kalau cuma tempe aja, kucing pasti tidak mau makan. Perbandingannya tempe:tongkol = 1:2. Tempe dan tongkol dihancurkan dan diaduk sampai rata. Setelah itu dikukus selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu ditiriskan sebentar hingga tidak terlalu panas untuk diberikan pada kucing. Alhamdulillah ternyata Pow mau makan menu tempe ini. Perubahannya juga lumayan cepat, baru 2 hari dikasih menu ini, ternyata diare Pow bisa disembuhkan. Dengan cara yang alami ga pake obat kimia ga pake mahal pula, Pow sudah tidak terlalu sering buang air lagi. Satu hari paling banyak cuma dua kali. Terus sehat seperti Phiu ya Pow ..

Proses membuat Menu Penyembuh Diare
Saya baru tahu kalau ternyata tempe bisa menyembuhkan diare setelah saya mengobati Pow. Saya penasaran dong, bener gitu karena diberi tempe diare bisa sembuh. Saya cari informasi lagi  nih melalui internet.  Setelah saya baca ternyata beberapa penelitian telah menunjukan bahwa zat gizi tempe lebih mudah dicerna, diserap dan dimanfaatkan tubuh. Dengan pemberian tempe , pertumbuhan berat bdan penderita gizi buruk dan diare dapat sembuh dalam waktu singkat.

Selain itu juga bukti yang lainnya , Van Veen (1950) menyatakan dari hasil pengamatannya terhadap tahanan perang, Perang Dunia II di pulau Jawa. Mereka yang setiap hari memakan tempe ternyata tidak terkena disentri ketika wabah disentri berkecamuk. Dari pengamatan Van Veen ini disimpulkan bahwa pemakan tempe mempunyai kemampuan lebih tinggi dalam menolak infeksi amuba dibandingkan dengan mereka yang bukan pemakan tempe.

Luar biasa, yang saya tahu selama ini tentang manfaat tempe adalah hanya sebagai sumber protein pengganti protein hewani untuk pertumbuhan tubuh. Untuk perkembangan kecerdasan otak. Eh... ternyata tempe bisa menyembuhkan diare. Jadi kalau suatu saat kena diare (mudah-mudahan jangan deh) yah banyak-banyak aja makan tempe ya... 

Phiu menyantap Kukusan Tempe + Tongkol


Sunber referensi : https://www.academia.edu/3572739/Studi_Pengaruh_Intervensi_Tempe_Untuk_Mempercepat_Penyembuhan_Diare_Pada_Anak_Balita

21 comments:

  1. wah mba ani ternyata pecinta kucing juga ya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah suka dari kecil... Pak Robby suka jg ga?

      Delete
  2. Thanks infonya,persia sy jg lg diare nih perlu dicoba tempenya,smoga cpt sembuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2... mudah2n kucing nya sehat lagi ya

      Delete
  3. Kucing disini malah suka tempe, ga di campur apa-apa makannya lahap banget. Sempet heran juga, tapi khawatir kalo kebanyakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama makanannnya bersih dan sehat, gpp ko kucing suka tempe, asal nutrisinya diimbangi juga dengan lauk hewani seperti ikan.. smg kucingnya selalu sehat ya :)

      Delete
  4. Mba, itu sisa makanannya perlu d taro mana ya ?... D kulkas apa gimana ?,, terus ngasih racikan nya itu di campur dengan makanan sehari2nya apa hanya racikannya saha ?.. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya memberi makan sesuai porsi kebiasaan kucing, jadi tidak bersisa, takut basi dan berjamur. Porsi kucing saya liat, dari kebiasaan menghabiskan makanan per hari,
      Misal jika hari ini kebanyakan memberi makan dan tidak habis, keesokan hari sya kurang. Ini dari yg saya perhatikan sehari-hari aja.
      Kalau selama diare tidak dikasih makanan lain dulu. tapi kalau sudah sembuh bbisa diselang seling dengan makanan kucing yg sydah jadi seperti dry food atau wet food.

      Delete
  5. Mba bukannya di kasih ikan tongkol itu bakalan gatal ke kucing nya ? Saya mau cobaa cara itu tpi ragu klau pake ikan tongkol ?
    Minta masukannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kucing persiaku hampir tiap hari makan ikan tongkol,
      alhamdulillah gak rontok bulunya.
      aku heran soalnya biskuit kucing sendiri ada yg rasa ikan tuna. tuna dan tongkol kan satu famili.
      trus aku baca artikel kalo dikasih makanan kucing yg olahan baik kering atau basah bisa nyebabin penyakit karna mengandung pengawet.

      Delete
    2. iya betul mbak olin, biasanya respon kucing beda-beda ada yg cocok ada yg nggak. Kucing saya Alhamdulillah gak rontok bulunya. Tapi saya hanya kasih tongko kalau dicampur tempe, sehari-hari untuk makan dikasih cat food yg praktis aja beli dari pet shop, :)

      Delete
  6. Klu Persia ga rekomen pake ikan pindang/tongkol, soalnya bikin bulu rontok. Biasanya klu kucing persiaku diare, malemnya cukup puasa minum. Lalu makannya royal canin intestinal, sesendok makan aja kasihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ada yg pengalaman rontok, kalau mau aman untuk penambah selera kucing tongko basah juga bsa, atau ikan2 segar.
      ini hanya alternatif, krn kucing saya susah kalau dikasih obat, hehe...

      Delete
  7. Kucing saya juga kena penyakit diare juga tapi setelah melihat blog ini saya jadi ingin mencobanya.Terimakasih mbak ani

    ReplyDelete
  8. Mb mau tanya, jadi kucing saya jantan. Kata dokter kalau kucing jangan itu jangan terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung protein. Tapi sekarang kucing saya sedang diarem, namun tempe itu kan kaya akan protein. Jadi sebaiknya gimana ya mba? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  9. Mb mau tanya, jadi kucing saya jantan. Kata dokter kalau kucing jangan itu jangan terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung protein. Tapi sekarang kucing saya sedang diarem, namun tempe itu kan kaya akan protein. Jadi sebaiknya gimana ya mba? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  10. Mba saya mau tanya , kucing persia saya kena diare dan 2 hari ini sudah saya beri tempe , saya campur sama catfood nya blh gak mbak tempenya ??? Atau cuma dikasih tempe aja?

    ReplyDelete
  11. Mbak kucing saya tadi pagi masih aktif, kok tiba" tadi sore jadi mencret terus muntah ya, matanya juga ga kayak biasanya. Minta solusinya dong mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran yaa, coba kasih obat cacing. Drontal cat namanya.
      Di petshop bnyk kok.

      Delete
  12. Mbak kucing saya tadi pagi masih aktif, kok tiba" tadi sore jadi mencret terus muntah ya, matanya juga ga kayak biasanya. Minta solusinya dong mbak

    ReplyDelete
  13. Mba kalo kucingnya nggak mau makan gimana? Soalnya kucing saya mencret tapi gak mau makan. Tiap dipaksa makan, makanannya langsung keluar.

    ReplyDelete