Feb 17, 2016

Tidak Hanya Laskar Pelangi , Laskar Gerhana akan Menjadi Kisah di Belitung

Di tanah Belitung ada kisah Laskar Pelangi yang fenomenal.  Berkat  novel  karangan Andrea Hirata yang Best Seller dan juga Filmnya yang mencapai Box Office karya Mira Lesmana. Kisah yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan persahabatan 11 orang  anak-anak kampung  yang memiliki karakter beragam disuatu komunitas Melayu yang sangat miskin di Belitung. Kesebelas anak kecil ini dijuluki sebagai Laskar Pelangi.  Mereka dijuluki Laskar Pelangi  karena dengan semangat yang tinggi mereka ingin memperbaiki masa depan mereka. Dari kisah mereka ini menyiratkan hikmah agar kita selalu bersyukur dalam hidup, selalu berpegang teguh pada ajaran agama, dan jika ingin cita-cita kita tercapai maka kita harus bekerja keras dan tidak pantang menyerah untuk mencapainya. Itulah kisah para laskar Pelangi yang menjadi legenda di tanah Belitung.


Sumber : Blog.detik.com
Di tanah Belitung, akan hadir kisah yang baru, yaitu kisah para Laskar Gerhana Detikcom. Perbedaan Laskar Pelangi dengan Laskar Gerhana, adalah dari hubungannya dengan fenomena alam.  Julukan laskar pelangi kepada 11 anak-anak ini tidak ada hubungannya dengan Fenomena alam Pelangi. Sedangkan Laskar Gerhana Detikcom berhubungan dengan fenomena alam karena akan menjadi saksi dari peristiwa yang langka, yaitu Gerhana Matahari Total di Indonesia. Fenomena Gerhana Matahari Total diprediksikan akan terjadi pada tangal 9 Maret 2016. Di Belitung  negerinya Laskar Pelangi adalah salah satu tempat, dimana langitnya akan dihiasi dengan Gerhana Matahari Total. Karena peristiwa alam ini,  bisa jadi Kisah Laskar Gerhana Detikcom bisa seperti kisah Laskar Pelangi yang terkenal. Dan siapa tau bisa diabadikan juga dalam novel oleh Andrea Hirata, atau juga dilirik oleh Mira Lesmana untuk dibuatkan filmnya juga,  dan menjadi saingan baru Laskar Pelangi, 

Laskar Gerhana  Detikcom, mereka adalah orang-orang pilihan yang bisa menyaksikan peristiwa langka ini. Seperti halnya Laskar Pelangi yang bekerja keras untuk mencapai cita-citanya umtuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Untuk menjadi Laskar Gerhana Detikcom juga harus  bekerja keras. Mereka harus berjuang melalui lomba Blog yang diadakan oleh Detik.com untuk bisa menyaksikan Fenomena Gerhana Matahari Total  secara Live di Belitung. Jumlah Laskar  Gerhana sebanyak  20 orang. Dari 20 Laskar Gerhana Detikcom ini  bisa jadi akan terjalin persahabatan baru , seperti persahabatan yang terjalin di Laskar Pelangi. Yah minimal persahabatan yang terjalin karena bertukar pin BB atau whats up, IG atau email, atau pun alamat blog mereka... hehe.

Gerhana Matahari Total, yang terjadi terakhir di Indonesia adalah pada Tahun 1995, yaitu 21 Tahun yang lalu. Oleh karena itu peristiwa ini akan menjadi peristiwa bersejarah yang langka dan sayang jika dilewatkan. Karena Gerhana Matahari Total selanjutnta diprediksikan akan terjadi lagi pada 20 April tahun 2023. Nah, sebagai Laskar Gerhana tentunya harus punya pengetahuan dong, tentang fenomena alam ini. Kenapa bisa terjadi Gerhana Matahari Total? Jawabnya adalah Gerhana Matahari terjadi karena sinar matahari yang menyinari bumi tertutup oleh bulan. Gerhana Matahari Total terjadi yaitu pada saat gerhana mengalami puncaknya, piringan Matahari tertutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Pada saat itu piringan bulan dan matahari pun bisa berubah tergantung jarak bumi ke bulan dan bumi ke matahari. Jadi Gerhana Matahari Total terjadi karena posisi matahari-bulan-bumi berada didalam satu garis yang lurus atau sejajar.

Sumber : kafeastronomi.com
Peristiwa  Gerhana Matahari Total ini memang  tidak terjadi setiap tahun di Indonesia. Pada Tahun 2016 ini sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami Gerhana Matahari Total yaitu , Bangkulu, Jambi, Palembang (Sumantera Selatan), Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur),  Kalimantan Barat, Palu, Poso dan Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara). Belitung  yang merupakan tempat kelahiran para Laskar Pelangi akan menjadi tempat pengamatan Gerhana Matahari Total  pilihan Detik.com . Selain itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur memfokuskan pengamatan Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 nanti untuk para wisatawan, fotografer dan peneliti, di lima titik. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur,  Helly Tjandra lokasi pengamatan yang ideal untuk mengamati Gerhana Matahari Total adalah adalah di Buku Limau, pantai Olipier, Bukit Semak A1, Pantai Serdang dan Pantai Tambak.


Perlu diingatkan juga nih, untuk para Laskar Gerhana ketika mengamati Gerhana Matahari Total. Laskar Gerhana Detikcom harus mengetahui cara aman mengamati Gerhana matahari. Cara yang aman mengamati gerhana adalah saat matahari perlahan tertutup bulan dan kondisi langit berangsur menjadi gelap (gerhana matahari sebagian) dianjurkan untuk menggunakan filter atau kaca mata khusus. Dan jangan terlalu fokus juga karena akan merusak retina mata, jadi sesekali melihat ke arah lain selain matahari.  Mengamati Gerhana Matahari tidak membahayakan, kita hanya harus tau triknya saja. Oh iya, perlu diingat juga jika terjadi Gerhana Matahari, sebagai umat muslim jangan lupa ya untuk selalu bertakbir dan bertasbih. Karena Gerhana Matahari merupakan salah satu tanda –tanda kebesaran  dan keagungan Allah s.w.t. Dan disunahkan juga untuk melakukan sholat gerhana sebanyak 2 rakaat selama gerhana berlangsung.

Nah... bisa dibayangkan jika nanti terpilih menjadi Laskar Gerhana Detikcom, kita bisa melihat Fenomena Gerhana Matahari Total yang langka dan bersejarah ini, selain itu Para Laskar Gerhana  bisa berpetualang di negerinya  Laskar Pelangi. Cerita baru akan dilahirkan di Tanah Belitung. Yaitu Cerita Petualangan Laskar Gerhana Detikcom. Tunggu tanggal mainnya saja ya, Tanggal  9 Maret 2016, jangan sampai dilewatkan. 



Sumber Referensi:

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/02/ini-5-titik-lokasi-pengamatan-gmt-di-belitung-timur
http://piescesa.blogspot.co.id/2012/11/sinopsis-film-laskar-pelangi.html
http://ilmupengetahuan.org/terjadinya-gerhana-matahari/
http://news.detik.com/berita/3116542/begini-cara-aman-melihat-gerhana-matahari-total

6 comments:

  1. Gerhana Matahari pada jaman dulu,, kita disuruh bunyi2an,,, pasti Laskar Gerhana bawa panci, periuk,,, ya ,,,, hehehe

    ReplyDelete
  2. Mantap sekali,... I love Astronomy :)

    ReplyDelete