Skip to main content

Mengetahui Tahapan Pertumbuhan Anak Kucing

Perkembangang Phow dari 1 Bulan sampai sekarang

Kenapa sih kita memelihara kucing?
Kenapa sih kita menyayangi kucing?
Kita disini yang saya maksud Cat Lover yah .. 
Pasti masing-masing dari kita sebagai Cat Lover memiliki alasan kenapa kita menyukai kucing, kemudian memeliharanya dan kemudian menyayanginya.

Me n My Phow
Nah kalau saya sudah menyukai kucing semenjak masih kecil ketika saya sekolah di Taman Kanak-Kanak. Dari kecil hingga sekarang sudah lebih dari 10 ekor kucing yang saya pelihara. Jadi kalau dirata-ratakan tiap tahun, kucing yang saya pelihara adalah  dua ekor kucing. Kucing yang saya pelihara biasanya berjenis kelamin jantan, supaya tidak berkembang biak dan merepotkan seisi rumah, hehe.

Saya bersyukur, karena diberi sifat menyukai binatang seperti kucing. Bagi saya kucing itu seperti teman yang bisa menghibur dikala saya sedang "BT" berat, atau cape habis. Cukup diam saja dengan memperhatikan tingkah lucu mereka, sudah bisa membuat saya tertawa dan itu merupakan hiburan tersendiri bagi saya. Bentuk fisiknya yang imut, perilakunya yang lucu, dan sifat manjanya itu yang membuat saya jatuh hati pada  hewan berbulu ini. 

Phiu & Phow
Saat ini saya memiliki dua ekor kucing yang  dipelihara dari umur 1 bulan. Kucing saya terdiri dari satu ekor kucing lokal (kampung) dan satu ekor kucing ras (persia).  Phiu si kucing kampung dan Phow si kucing Persia. Biarpun berbeda jenis tapi kedua kucing saya hidup akur seperti saudara kandung.


Sebagai Cat Lover, sebaiknya kita menambah pengetauan tentang tahapan perkembangan kucing. Jadi kita bisa tahu apakah kucing kita sehat atau sakit, apakah kucing kita sedang senang, atau sedang marah. Ga salah kan menambah wawasan tentang per"kucing'an ini, hehe...





TAHAPAN PERKEMBANGAN ANAK KUCING BERDASARKAN USIA

Usia 1 Bulan
  • Gigi Mulai terbentuk
  • Dimulainya masa penyapihan
Usia 1,5  Bulan
  • Mulai mengigit-gigit, bermain dan mengunyah
  • 70% perkembangan otak dewasa telah terjadi
Usia 3 Bulan
  • Interaksi dengan lingkungan
  • Mengenali nama sendiri
  • 90% dari otak dewasa telah terbentuk
Usia 4 Bulan
  • Mulai mengenali beberapa perintah seperti panggilan nama
Usia 5 Bulan
  • Tanyakan ke dokter hewan, kapan waktu terbaik untuk melakukan vaksinasi lengkap
  • Mendekati berat dan tinggi untuk kucing yang ideal
Usia 6 Bulan
  • Menikmati permainan dan memainkan benda di sekitar
  • Dapat merespon permainan yang kita berikan
Usia 7 Bulan
  • Gigi susu sudah lepas dan digantikan gigi permanen
Usia 8 Bulan
  • Anak kucing dapat menahan untuk tidak buang air selama 8 jam
Usia 9 Bulan
  • Anak kucing sudah dapat mengenali masing-masing anggota keluarga yang ada di rumah
Usia 12 Bulan (Dewasa)
  • Pematangan seksual untuk kucing jantan dan betina
  • Perkembangan akhir panjang badan dan berat ideal kucing
  • Tulang dan persendian telah berkembang maksimal mengikuti jeis ras dari kucing
  • Saatnya di vaksinasi rabies
Nah itulah yang sebaiknya kita tahu dari kucing yang kita sayangi.
Dibawah ini adalah tingkah lucu dari kucing saya yang bernama Phow, yang lagi suka bermain "Lempar-Tangkap". mirip-mirip tingkah anjing yang suka main freesbe. 


Comments

  1. Nice sharing teh Ani, emang kucing hewan yg lucu, wawasan ttg kucingnya luas aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini belajr dari pengalaman, dan jg hasil, browsing atau baca2 hehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Alami Menyembuhkan Diare Pada Kucing

Teman-teman pecinta kucing pernah mengalami kucingnya sakit diare kah? Kucing saya pernah nih. Saya punya dua ekor kucing. Yang besar kucing lokal Indonesia, alias kucing kampung dan yang kecil kucing persia.  Yang besar bernama Phiu, adik angkatnya yang kecil bernama Pow .Nih fotonya nampang dibawah... ^_^.

Dulu pertama kali memelihara Phiu, dia sempat terkana diare. Tiga hari berturut-turut intensitas buang airnya sering dan kotorannya berupa cairan, tidak padat seperti kucing  sehat. Kemudian saya membeli obat ke petshop dan dokter hewan disana memberi obat racikan berupa kapsul. Dokter memberi obat buat jatah 3 hari, namun ternyata baru satu kali minum obat, si Phiu sudah sembuh. Phiu kucingnya memang tidak terlalu merepotkan, ketika diberi kapsul obat mencret langsung ditelan. Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah kena diare lagi. Sehat terus ya Phiu .... :*

Cara Alami Menyembuhkan Demam Pada Kucing dengan Madu

Jika kucing yang kita pelihara sakit, lebih baik kita membawanya ke dokter hewan. Karena Dokter Hewan adalah orang yang paling kompeten dan tahu bagaimana cara terbaik untuk menyembuhkan kucing yang sakit. Jika kita memiliki dana yang cukup untuk mengobati kucing, sebaiknya segera diperiksakan saja ke dokter hewan.
Namun jika dana kita terbatas (khususnya saya), saya akan mencoba alternatif lain terlebih dahulu yang memerlukan biaya lebih murah untuk mngobati kucing kesayangan saya. Karena disesuaikan juga dengan kondisi ekonomi saya saat ini.
Melalui tulisan ini saya ingin berbagi dengan teman-teman pecinta kucing ketika kucing saya mengalami sakit. Saya hanya menuliskan berdasarkan pengalaman saja. Saya pernah membawa kucing saya ke Dokter Hewan dan satu kali pemeriksaan ditambah pembelian obat-obatan saat itu menghabiskan uang diatas 200 ribu. Jika hanya setahun sekali atau dua kali, saya masih bisa lah menyisihkan uang untuk biaya perawatan kucing  jika terkena penyakit. Namun jika …

Berlibur ke The Jungle Water Park

Senangnya ketika kita berjanji, dan janji itu bisa ditepati. Beberapa bulan yang lalu saya berjanji kepada keponakan untuk mengajak mereka berlibur ke The Jungle Water Park. Karena Allah saya bisa mewujudkan janji saya ini. Janji ini terlaksana ketika liburan panjang akhir Tahun 2015 lalu.
Sebagai bentuk rasa syukur, karena nikmat yang diberikan oleh Allah swt, saya mengajak kedua orang tua, kakak dan kakak ipar bersama anak-anaknya serta adik bapak yang perempuan bersama anak perempuannya, paman dan bibi dan kedua anak lelakinya. Kebetulan memang kesamaan hobby kami semua adalah berenang dan bermain di wahana air. Khususnya kedua ponakan, Raisya dan Haura  mereka sangat suka sekali bermain air. Alhamdulillah akhir tahun ini ada saya dapat cukup rejeki, untuk bisa mengajak keluarga saya bermain di The Jungle Water Park ini.