Skip to main content

Lebih Giat Memperbaiki Diri di #UsiaCantik



Saat ini usia saya sudah menginjak di angka 36 tahun. Saya terharu ketika membaca  di website Blogger Perempuan, bahwa usia perempuan diatas 35 tahun ini, masuk kedalam Usia Cantik.  Karena sebelumnya saya sempat paranoid juga di usia ini, secara angka 40 semakin dekat di depan mata.( I Am Getting Old )


Sudah hukum alam, bahwa seiring tahun berganti, maka usia saya  menjadi bertambah pula. Ada papatah mengatakan “Tua itu pasti, dewasa itu pilihan”. Nah jadi disini setiap manusia pasti akan mengalami fase hidup di masa tua (Insya Allah jika masih ada umur). Tapi belum tentu memilih untuk bersikap dewasa.

Begitu juga dengan apa yang saya rasakan saat ini. Jujur saja sebelum mengetahui istilah #UsiaCantik  ini, di usia saya sekarang, saya sering merasa tidak cantik (baik itu secara lahir atau bathin). Karena saya merasa masih jauh dari sempurna.  Selain itu juga karena ada paranoid tadi, was-was karena sebentar lagi saya akan masuk kedalam golongan manusia usia 40 tahun. Oh Tuhan! begitu banyak kekurangan saya saat ini.

Tapi kemudian disini saya tersadarkan. Setelah  banyak membaca berbagai tulisan di ragam media, baik itu cetak ataupun elektronik. Dari membaca sangat memberikan banyak manfaat bagi saya. Kita bisa belajar dan mengambil hal-hal positif dari pengalaman orang lain yang sudah berbagi kisah hidupnya  melalui suatu tulisan. ( banyaknya dari membaca tulisan teman-teman Blogger, hihi)

Bukan maksud membandingkan hidup diri saya dengan hidup orang lain. Bukan maksud juga membandingkan kekurangan diri dengan keberhasilan orang lain. Tapi dengan bercermin ke pengalaman hidup orang lain. Disini saya mendapatkan pembelajaran untuk berusaha  meraih hidup yang lebih baik lagi.

Pada umumnya, wanita diatas 35 tahun di #UsiaCantik nya ini, mereka sudah berkeluarga, mempunyai anak dan suami, rumah yang mapan dan pekerjaan yang ideal. Itu adalah kondisi  umum yang biasa di raih wanita sebaya saya. Bisa dikatakan hidup sebagai seorang wanita telah  sempurna, jika semua itu sudah tercapai.

Di #UsiaCantik ini, hidup yang saya jalani, aga berbeda dari para wanita sebaya saya pada umumnya. Saat ini, saya belum bersuami dan punya  anak. Kadang sedih juga sih, dan rindu ingin seperti wanita lain pada umumnya. Apalagi kadang orang suka melabeli wanita seperti saya dengan istilah “Perawan Tua”, “Kadaluarsa” , “Suka Pilih-pilih”, “terlalu fokus sama karir” dll, dan itu kadang menusuk hati , membuat “Down” jika saya tidak bijak menyikapinya. Tapi alhamdulillah sih teman-teman saya tidak pernah menyinggung saya dengan label-label tersebut.

Di luar sana, di bagian lain dari planet bumi, pasti ada juga wanita yang nasibnya mirip atau hampir sama dengan saya. “So I Am Not di Only One” (hehe, menghibur diri, karena orang lain belum tentu mau menghibur saya). Saya sadari, ini adalah takdir yang harus saya jalani. Dan bahwa kondisi seperti ini bukanlah sesuatu yang harus diratapi. Sehingga tidak ada semangat hidup dan menghilang dari dunia. Kondisi saya saat ini adalah kondisi yang harus saya jalani dengan ikhlas, dan harus saya syukuri. (titik ga pak koma)

Nah di #UsiaCantik ini, mengutip istilah tersebut dari Blogger Perempuan. Jujur saja, ini menyalakan api semangat dalam diri saya. Ketika menulis tema ini, membuat saya merenung beberapa ratus jam ( berhari-hai maksudnya, haha). Saya mencoba me “rewind” apa yang sudah saya alami dan sudah saya capai hingga saya menginjak #UsiaCAntik ini.

Sebelumnya saya selalu berasumsi “Saya tidak merasa Cantik di #UsiaCantik” dan persepsi saya salah. Saya ngaku salah deh, (hihi). Terima Kasih Blogger Perempuan untuk tema ini. Jadi menyadarkan saya. Sebenarnya saya ini Cantik. Cantik tanda kutip.  Tapi bukan berarti saya “KePD-an” atau bermaksud menyombongkan diri,  disini hanya untuk mengingatkan diri untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Memang secara fisik, saya tidak secantik artis-artis sinetron yang blesteran, hehe. Tapi saya merasa di #UsiaCantik ini, saya merasakan perubahan ke usaha untuk membuat diri saya menjadi lebih cantik (baik) dalam memperbaiki perilaku diri, menambah pengetahuan, menjaga lisan, menjaga kesehatan diri, dan lain-lain. Di #UsiaCantik ini saya ingin lebih Giat Memperbaiki diri. Ingin menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Itulah makna atau pesan  #UsiaCantik bagi saya.

Jika di Flash back lagi ke masa lalu, sebelum menginjak #UsiaCantik ini, saya orangnya  kadang kekanak-kanakan, gampang emosian, kurang peka, pemimpi berat (tapi beberapa mimpi saya sudah  tercapai sih, hehe), dan lain-lain (masih banyak, ga bisa disebutin semua, malu, hihi). Tapi yang lalu biarlah berlalu. Selama nafas ini masih ada, jantung ini masih berdetak, saya masih memiliki kesempatan untuk  menjadikan diri sendiri lebih baik lagi dari sebelumnya.

Di #Usia Cantik ini, sedikit demi sedikit saya merasakan adanya perubahan dalam diri saya, diantaranya adalah:

Lebih Mendekatkan Diri Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
Usia tua bukanlah syarat untuk meninggal dunia, karena setiap kita bisa meninggal kapan saja. Oleh karena itu di #UsiaCantik yang sudah tidak muda lagi ini, saya berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, yaitu dengan berusaha rajin beribadah, berusaha meningkatkan kualitas ibadah, meskipun saat ini saya masih jauh dari baik dan sempurna. Dan kadang usahanya masih labil naik turun (Yang penting ada niat baik dan usaha, hehe)

Memiliki Kesadaran Yang Lebih Akan Hal-Hal Tertentu
Disini saya menyadari bahwa hidup harus dijalani dengan iklas. Apa yang saya peroleh saat ini, harus banyak disyukuri. Saya menyadari bahwa meskipun banyak hal belum saya capai. Tapi bukan berarti saya menjadi orang yang gagal. Masih banyak orang-orang yang kurang beruntung  diluar sana dibandingkan saya. Dan banyak juga orang lebih baik dan berhasil dibandingkan saya.  Di #UsiaCAntik ini saya lebih bisa melihat secara sadar, tentang hal yang terjadi di sekitar saya. Lebih sadar untuk mensyukuri arti hidup, mensyukuri memiliki orang tua dan saudara yang masih lengkap, mensyukuri memiliki pekerjaan yang baik, mensyukuri sudah memiliki tempat berteduh dan kendaraan untuk berpergian, dan lain sebagainya.

Lebih sadar untuk menghargai hal sederhana yang saya punya dibandingkan dengan selalu mendambakan hal-hal yang belum saya miliki. Dan disini juga saya menjadi lebih sadar untuk tidak selalu mementingkan diri sendiri, tetapi juga untuk bisa berbagi dengan sesama, meskipun tidak banyak. Lebih sadar untuk harus menjadikan diri saya lebih bermanfaat dari sebelumnya. Intinya Lebih baik, baik dan baik.

Lebih Terbuka Menerima Nasihat yang Baik.
Kadang karena gengsi dan ego tingkat tinggi, saya malas mendengarkan nasihat orang. Tapi di #UsiaCantik ini, saya menjadikan diri untuk mau mendengarkan, dan mencerna suatu nasihat. Jika itu baik , InsyaAllah saya akan melaksanakannya.

Lebih Bisa Mengendalikan Diri
Kadang saya suka mudah terpancing emosi jika ada hal-hal yang tidak saya sukai. Salah satu contohnya jika saya sedang mengobrol dengan seseorang, kadang  ada kata-kata yang menyinggung. Disini saya suka membalasnya. Namun seiring bertambah usia, dan kematangan dalam berfikir dan bersikap di #UsiaCantik ini, saya lebih bisa mengendalikan diri. Bukan dalam perbuatan saja, tapi dalam kata-kata yang saya ucapkan juga.  Bicara itu penting. Tapi disini saya berusaha mengurangi bicara yang tidak penting. Bicara seperlunya saja. Karena niat saya tidak mau terlalu banyak bicara yang bisa jadi menyakiti hati orang lain. (ini hanya salah satu contoh yah).

Mengambil Hikmah atau Sisi Positif dari Kejadian yang Dialami
Terkadang dalam hidup kita mengalami pengalaman yang baik atau buruk. Disini saya harus bisa memimpin diri saya sendiri untuk tidak menyalahkan keadaan, ataupun orang lain atas kejadian buruk yang menimpa saya. Tapi  saya harus  selalu berfikir positif dan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang saya alami sebagai modal untuk memperbaiki diri. Dan tentunya untuk selalu bersyukur.

Lebih Menjaga Kesehatan Tubuh
#UsiaCantik bisa dibilang bukan usia muda lagi seperti usia antara 20-30 tahun an. Di #UsiaCantik ini kesehatan diri harus lebih diperhatikan lagi. Kebetulan dua hari yang lalu saya berobat ke dokter karena sering sakit kepala. Dan disini dokter mengatakan bahwa usia wanita yang mendekati usia 40 an akan rentan terserang bermacam-macam penyakit. Mulai dari sakit kepala, gangguan pernafasan, gangguan pencernaan, alergi terhadap suatu hal,  linu persendian, penglihatan berkurang dan masih banyak lagi. 

Dokter juga menasihati  untuk lebih menjaga kesehatan dengan cara makan makanan bergizi, olahraga teratur dan merawat diri. Nasihat dokter ini sebagai motiasi bagi saya untuk Lebih Menjaga Kesehatan Tubuh sendiri. (Insya Allah I Will Do What You Told Me Doc)

Melakukan Aktivitas Positif yang Dapat Memberikan Kebahagiaan untuk Diri
Daripada terpuruk meratapi nasib karena belum berkeluarga, di #UsiaCantik ini saya  menyibukan diri melakukan aktifitas yang dapat memberikan kebahagiaan untuk diri sendiri. Aktivitas yang biasa saya lakukan misalnya seperti menulis blog (walaupun kurang produktif, hehe) tapi menulis bisa memberikan kebahagiaan tersendiri untuk saya. Untuk membahagiakan diri, saya juga suka  melakukan traveling (meskipun jarang, hihi) ke  tempat wisata atau tempat-tempat yang belum saya kunjungi sebelumnya (harus lebih rajin nabung nih, untuk modal traveling, hehe). Nah itu adalah dua contoh aktiitas yang baisa saya lakukan untuk mendapatkan aura positif dan membahagiakan diri sendiri.


Nah, jika memang harus disimpulkan, bagi saya di #UsiaCantik saya yang ke-36 ini memiliki makna bahwa Usia Cantik itu adalah usia dimana saya harus Lebih Giat Dalam Memperbaiki Diri. Dalam memperbaiki diri ini diiringi juga dengan keikhlasan menjalaninya dan selalu bersyukur atas segala hal. Tidak lupa juga selalu dibarengi doa dan usaha. Nah bagaimana dengan anda pembaca? Apakah sama? Atau berbeda dengan saya? ^_^ . wassalam.


“Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh
 L’Oreal Revitalift Dermalift.”

Comments

  1. buat aku, usia cantik membuat kita lebih bahagia menghadapi hidup :)
    semoga sukses untuk lombanya ya mba. salam kenal

    ReplyDelete
  2. betul Mbk, kita syukuri nikmat di #UsiaCantik agar lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt, semangat ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah, diusahakan tetap semangat, hehe

      Delete
  3. Alhamdulillah moga makin barokah usianya di usia cantik ya mbak :D

    ReplyDelete
  4. teh ani udah review usia cantik aja nih, aku kalo udah masuk nanti mau mulai juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. evrina mah masih lama, masih muda ... hehe

      Delete
  5. Sepakat mbak, menjadi dewasa pilihan. Menjadi cantik pun juga begitu, apalagi cantik yg utama adalah cantik dari hati. Terima kasih sudah sharing ceritanya mbaak, semangaat berbenah untuk lebih baik baik dan baik lagi kedepannya.

    Salam kenal jugaa mbak yaa, monggo mampir ke rumah cerita saya kalau berkenan 😁 hehehe

    ReplyDelete
  6. Cantiiiiksss! Usia mah boleh bertambah, tapi yang penting tetap positif, update ilmu & ngga terlibas oleh jaman karena #Usiacantik ya mbaa :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Alami Menyembuhkan Diare Pada Kucing

Teman-teman pecinta kucing pernah mengalami kucingnya sakit diare kah? Kucing saya pernah nih. Saya punya dua ekor kucing. Yang besar kucing lokal Indonesia, alias kucing kampung dan yang kecil kucing persia.  Yang besar bernama Phiu, adik angkatnya yang kecil bernama Pow .Nih fotonya nampang dibawah... ^_^.

Dulu pertama kali memelihara Phiu, dia sempat terkana diare. Tiga hari berturut-turut intensitas buang airnya sering dan kotorannya berupa cairan, tidak padat seperti kucing  sehat. Kemudian saya membeli obat ke petshop dan dokter hewan disana memberi obat racikan berupa kapsul. Dokter memberi obat buat jatah 3 hari, namun ternyata baru satu kali minum obat, si Phiu sudah sembuh. Phiu kucingnya memang tidak terlalu merepotkan, ketika diberi kapsul obat mencret langsung ditelan. Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah kena diare lagi. Sehat terus ya Phiu .... :*

Cara Alami Menyembuhkan Demam Pada Kucing dengan Madu

Jika kucing yang kita pelihara sakit, lebih baik kita membawanya ke dokter hewan. Karena Dokter Hewan adalah orang yang paling kompeten dan tahu bagaimana cara terbaik untuk menyembuhkan kucing yang sakit. Jika kita memiliki dana yang cukup untuk mengobati kucing, sebaiknya segera diperiksakan saja ke dokter hewan.
Namun jika dana kita terbatas (khususnya saya), saya akan mencoba alternatif lain terlebih dahulu yang memerlukan biaya lebih murah untuk mngobati kucing kesayangan saya. Karena disesuaikan juga dengan kondisi ekonomi saya saat ini.
Melalui tulisan ini saya ingin berbagi dengan teman-teman pecinta kucing ketika kucing saya mengalami sakit. Saya hanya menuliskan berdasarkan pengalaman saja. Saya pernah membawa kucing saya ke Dokter Hewan dan satu kali pemeriksaan ditambah pembelian obat-obatan saat itu menghabiskan uang diatas 200 ribu. Jika hanya setahun sekali atau dua kali, saya masih bisa lah menyisihkan uang untuk biaya perawatan kucing  jika terkena penyakit. Namun jika …

Berlibur ke The Jungle Water Park

Senangnya ketika kita berjanji, dan janji itu bisa ditepati. Beberapa bulan yang lalu saya berjanji kepada keponakan untuk mengajak mereka berlibur ke The Jungle Water Park. Karena Allah saya bisa mewujudkan janji saya ini. Janji ini terlaksana ketika liburan panjang akhir Tahun 2015 lalu.
Sebagai bentuk rasa syukur, karena nikmat yang diberikan oleh Allah swt, saya mengajak kedua orang tua, kakak dan kakak ipar bersama anak-anaknya serta adik bapak yang perempuan bersama anak perempuannya, paman dan bibi dan kedua anak lelakinya. Kebetulan memang kesamaan hobby kami semua adalah berenang dan bermain di wahana air. Khususnya kedua ponakan, Raisya dan Haura  mereka sangat suka sekali bermain air. Alhamdulillah akhir tahun ini ada saya dapat cukup rejeki, untuk bisa mengajak keluarga saya bermain di The Jungle Water Park ini.