Skip to main content

Waspadai Gejala MELANOMA Sejak Dini

Seorang teman pernah bercerita bahwa dia pernah mengantar saudaranya ke rumah sakit untuk dioperasi pengangkatan tumor di bagian kepalanya. Tumor yang dioperasi ini awalnya merupakan tahi lalat kecil. Namun  setelah beberapa tahun  membesar hampir sebesar telur ayam. Sekarang karena sudah dioperasi, saudara dari teman saya ini sudah sembuh.

Dari cerita teman saya ini, saya jadi was-was juga. Karena di badan saya juga ada beberapa tahi lalat yang awalnya kecil, sekarang menjadi agak membesar. Tahi lalat ini posisinya ada di punggung. Nah untuk memastikan apakah tahi lalat ini tidak berbahaya,  saya putuskan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Berdasarkan diagnosis dokter, tahi lalat yang ada di badan saya bisa jadi merupakan gejala melanoma (baru dugaan, masih menunggu hasil test lab). Tapi dari sini saya jadi tahu bahwa tahi lalat yang ada di punggung  ini ternyata bisa menjadi awal penyakit yang mematikan jika tidak ditangani sejak dini. Namun, karena tahi lalat ini ukurannya masih kecil, jadi masih bisa dikatakan tidak berbahaya.

Untuk pencegahan, Dokter menyarankan tahi lalat yang ada di punggung saya untuk segera di operasi (biopsi eksisi). Biopsi eksisi dilakukan untuk menghilangkan seluruh tahi lalat pertanda melanoma yang tumbuh di kulit.  Tepatnya dua minggu yang lalu saya menjalani operasi kecil di punggung, dan tahi lalat nya sudah berhasil dihilangkan. Sekarang ini saya masih dalam tahap penyembuhan dan menunggu hasil laboratorium. Semoga sih tidak ganas (menurut dokter saya, hehe).

Dari kejadian ini saya jadi penasaran dengan penyakit yang saya alami. Untuk mengetahui apa itu Melanoma? Dan seberapa bahayanya saya mencari tahu di Mbah Google.

Berdasarkan informasi dari internet di www.aladokter.com , Melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada, biasanya merupakan pertanda gejala melanoma. Tahi lalat ini biasanya tumbuh di wajah, tangan, punggung dan kaki.

Nah berdasarkan informasi di website itu, dikatakan juga bahwa melanoma ini jenis kanker kulit yang jarang, tapi sangat berbahaya. Dan yang lebih banyak terserang adalah kaum hawa yang berusia di bawah 4 tahun. Duh serem juga ya...

Tahi lalat yang ada di punggung saya, bentuknya tidak beraturan, diameternya kurang lebih 1 cm, dan warnanya juga agak kemerah-merahan. Kadang gatal dan kadang berair. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dan  membaca informasi di www.aladokter.com, yang saya alami mirip dengan gejala melanoma. Untunglah sudah bisa dideteksi sejak dini.

Nah, jika anda memiliki tahi lalat yang agak aneh, maka waspadalah! Berikut adalah ciri-ciri tahi lalat yang menjadi pertanda dari Melanoma:

CIRI CIRI GEJALA MELANOMA

Bentuk Asimetris
Jika di badan anda ada tahi lalat yang bentuknya tidak mulus dan asimetris, patut dicurigai. Karena tahi lalat yang normal bentuknya oval atau bulat. Dan permukaannya mulus.

Perbatasan tidak teratur.
Garis luar tahi lalat yang mebatasinya tidak jelas, dengan kulit berlekuk, bergigi, bergelombang dan tidak teratur

Terjadi perubahan warna
Tahi lalat normal berwarna hitam. Jika tahi lalat yang ada di badan anda mengalami perubahan warna, dan warnanya tidak merata, maka patut diwaspadai juga.

Diameter > 6mm
Jika ukuran diameter tahi lalat anda lebih besar dari 6 mm, dan lama kelamaan seiring bertambahnya waktu ikut membesar pula, bisa jadi ini salah satu dari gejaa melanoma

Tahi lalat Gatal dan Terjadi pendarahan
Jika tahi lalat yang anda miliki sehat, maka tidak akan merasakan gatal ataupun mengalami pendarahan. Namun jika sebaliknya bisa jadi ini adalah pertanda dai kenker kulit.


Nah jika anda sudah bisa mendiagnosis tentang kondisi tahi lalat anda sendiri, maka melanoma yang berbahaya bisa dicegah. Supaya bisa mencegah penyakit ini tidak menyerang anda, maka beberapa hal ini bisa anda lakukan

PENCEGAHAN GEJALA MELANOMA

Menghindari Dibawah Sinar Matahari Langsung
Disini maksudnya anda jangan terlalu lama berada dibawah sinar matahari langsung. Sinar matahari pada pukul 10 pagi sampai  sore tidak baik untuk kulit kita.

Menggunakan Tabir Surya
Setiap anda berpergian, sebaiknya menggunakan krim tabir surya, dengan SPF minimal 1. Oleskan ke seluruh tubuh yang sekiranya akan terkena matahari langsung. Gunakan secara teratur.

Gunakan Pakaian Pelindung
Gunakan topi, masker ataupun pakaian yang tidak tembus sinar matahari. Dan bisa menutup seluruh tubuh anda secara efektif dari sinar matahari.

Ada pepatah Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati. Semoga sedikit dari pengalaman saya, yang diduga terkena gejala melanoma bisa menambah wawasan dan pencerahan, khususnya bagi kaum hawa.





Daftar Pustaka :
http://www.alodokter.com/kanker-kulit-melanoma

http://health.liputan6.com/read/646672/melanoma-kanker-kulit-yang-ditandai-dengan-tahi-lalat

Comments

  1. makasih teh infonya, mesti waspada nih kalo ada tahi lalat yang keliatan hidup atau berubah warna

    ReplyDelete
  2. Aku pernah wawancara ada yang awalnya mengira tahi lalalt tapi makin besar dan menjadi kanker :(
    Makaish infonya mba

    ReplyDelete
  3. Aku punya tahi lalat agak besar, dulu takut jg, tp skrng udah mati kyknya gk berkembang lg moga2

    ReplyDelete
  4. Aduh gawat, aku punya ni melanoma, tapi dari dulu ya segitu2 aja bentuknya mba.apa kudu konsul y?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Alami Menyembuhkan Diare Pada Kucing

Teman-teman pecinta kucing pernah mengalami kucingnya sakit diare kah? Kucing saya pernah nih. Saya punya dua ekor kucing. Yang besar kucing lokal Indonesia, alias kucing kampung dan yang kecil kucing persia.  Yang besar bernama Phiu, adik angkatnya yang kecil bernama Pow .Nih fotonya nampang dibawah... ^_^.

Dulu pertama kali memelihara Phiu, dia sempat terkana diare. Tiga hari berturut-turut intensitas buang airnya sering dan kotorannya berupa cairan, tidak padat seperti kucing  sehat. Kemudian saya membeli obat ke petshop dan dokter hewan disana memberi obat racikan berupa kapsul. Dokter memberi obat buat jatah 3 hari, namun ternyata baru satu kali minum obat, si Phiu sudah sembuh. Phiu kucingnya memang tidak terlalu merepotkan, ketika diberi kapsul obat mencret langsung ditelan. Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah kena diare lagi. Sehat terus ya Phiu .... :*

Cara Alami Menyembuhkan Demam Pada Kucing dengan Madu

Jika kucing yang kita pelihara sakit, lebih baik kita membawanya ke dokter hewan. Karena Dokter Hewan adalah orang yang paling kompeten dan tahu bagaimana cara terbaik untuk menyembuhkan kucing yang sakit. Jika kita memiliki dana yang cukup untuk mengobati kucing, sebaiknya segera diperiksakan saja ke dokter hewan.
Namun jika dana kita terbatas (khususnya saya), saya akan mencoba alternatif lain terlebih dahulu yang memerlukan biaya lebih murah untuk mngobati kucing kesayangan saya. Karena disesuaikan juga dengan kondisi ekonomi saya saat ini.
Melalui tulisan ini saya ingin berbagi dengan teman-teman pecinta kucing ketika kucing saya mengalami sakit. Saya hanya menuliskan berdasarkan pengalaman saja. Saya pernah membawa kucing saya ke Dokter Hewan dan satu kali pemeriksaan ditambah pembelian obat-obatan saat itu menghabiskan uang diatas 200 ribu. Jika hanya setahun sekali atau dua kali, saya masih bisa lah menyisihkan uang untuk biaya perawatan kucing  jika terkena penyakit. Namun jika …

Berlibur ke The Jungle Water Park

Senangnya ketika kita berjanji, dan janji itu bisa ditepati. Beberapa bulan yang lalu saya berjanji kepada keponakan untuk mengajak mereka berlibur ke The Jungle Water Park. Karena Allah saya bisa mewujudkan janji saya ini. Janji ini terlaksana ketika liburan panjang akhir Tahun 2015 lalu.
Sebagai bentuk rasa syukur, karena nikmat yang diberikan oleh Allah swt, saya mengajak kedua orang tua, kakak dan kakak ipar bersama anak-anaknya serta adik bapak yang perempuan bersama anak perempuannya, paman dan bibi dan kedua anak lelakinya. Kebetulan memang kesamaan hobby kami semua adalah berenang dan bermain di wahana air. Khususnya kedua ponakan, Raisya dan Haura  mereka sangat suka sekali bermain air. Alhamdulillah akhir tahun ini ada saya dapat cukup rejeki, untuk bisa mengajak keluarga saya bermain di The Jungle Water Park ini.