Mar 29, 2017

Bangga di Banggai – Mengintip Pesona Luwuk Banggai

sumber gambar : banggaikab.go.id

Menulis adalah salah satu upaya saya dalam mewujudkan mimpi. Salah satu yang menjadi mimpi saya  adalah bisa menjelajah seluruh pulau yang ada di Indonesia. Yah, minimal seluruh pulau besarnya saja.  Kenapa? Karena Indonesia itu Indah. Kalau ditanya, sudah berapa pulau di Indonesia yang pernah saya kunjungi? Masih bisa dihitung dengan jari sih. Pulau yang pernah saya kunjungi diantaranya Sumatera (Palembang), Bangka, Bali dan Sulawesi (Makassar). Kalau pulau  Jawa  tidak termasuk yah, hehe, karena saya lahir dan besar di Pulau Jawa (Jawa Barat). 

Dulu saya mempunyai cita-cita ingin bekerja  di Kementrian, khususnya kementrian Pertanian. Karena saya beranggapan, jika bekerja di level kementrian, tentunya akan sering melakukan perjalanan dinas, bukan hanya dalam Indonesia, tapi bisa jadi luar Indonesia juga. Terbayang dong  pasti seru bisa bekerja sambil jalan-jalan.#MimpiKaliYeee

Tapi saat ini takdir berkata lain, saya hanya bisa bekerja di daerah selevel Kecamatan. Meskipun demikian saya nikmati dan saya  syukuri. Karena meskipun hanya level kecamatan, saya masih bisa mengunjungi dan melihat tempat-tempat yang Indah yang ada di sekitar saya. 

Tapi, bukan berarti karena pekerjaan saya masih di level kecamatan, saya jadi tidak bisa menjelajah Indonesia atau bahkan luar Indonesia dong. Selama masih masuk akal, tidak ada yang tidak mungkin. Sementara ini , mungkin saya baru bisa blusukan ke desa-desa yang ada di Kabupaten Bogor (Jawa Barat). Tapi suatu saat mungkin saya bisa blusukan ke desa-desa yang ada di Luar Jawa Barat, contohnya Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai, #MimpiLagi. Nasib orang tidak bisa ditebak kan? Asal mau usaha, setiap mimpi bisa diwujudkan. #SemogaMimpiSayaJadiNYata

Luwuk Banggai termasuk salah satu tempat yang ingin saya kunjungi, jika ada rejeki, umur dan kesempatan. Awal saya mengetahui tentang Luwuk, Banggai, adalah dari sahabat saya yang tinggal di Makassar. Dia sering berpergian ke Luwuk Banggai, karena merupakan salah satu wilayah Kerjanya Di Kawasan Timur Indonesia. Teman saya bekerja sebagai Manajer Servis Operasioanal di salah satu Perusahaan Swasta.  

Selain itu, saya mengetahui tentang Luwuk, Banggai adalah dari acara di Televisi, yang menampilkan tempat wisata eksotis yang ada di Indonesia. Acara Favorit saya ini adalah My Trip My Adventure. Pada episode yang pernah saya tonton menceritakan tentang petulangan anak-anak Luwuk Banggai. Dari situ saya mulai jatuh hati, bermimpi ingin bisa berkunjung kesana.

Bangga rasanya jika saya bisa berada di Banggai. Jika saya berada di Banggai, akan saya ceritakan kepada Dunia, tentang Banggai melalui tulisan saya ini. Saat ini meskipun saya belum pernah ke Banggai, tapi saya masih bisa dong mengintip  dan menuliskan tentang  seluk beluk Luwuk, Banggai. Mangintip melalui Om Google, hehe.

Luwuk   merupakan ibu kota dari Kabupaten Banggai, di Provinsi Sulawesi Tengah. Luwuk berasal dari kata Luwok dan Huk, yang berarti Teluk. Dahulu tempat ini merupakan pelabuhan Masyarakat Kaleke, Asama Jawa , Soho dan Dongkalan yang dalam perkembangannya kemudian menjadi pusat perdagangan antara Bangsa China, Portugis, Spanyol, Belanda , Arab, Makassar, Filipina dan Maluku.

Motto dari Kota Luwuk  bagus loh,  yaitu Luwuk Kota Berair. “Berair” yang merupakan singkatan dari “Bersih, Aman, Indah dan Rapi”.  Jika melihat Luwuk dari Tayangan di Youtube, dari udara Kota Luwuk  merupakan kota kecil. Jika melihat dari atas pesawat atau melalui drone Kota Luwuk terlihat Indah apalagi jika dilihat ketika malam hari. Kota ini memiliki pantai jernih dengan pantulan warna langit .. Tampak juga pemandangan perbukitan yang bisa memanjakan mata kita. Sebagai Orang Indonesia, bersyukur karena Indonesia mempunyai Luwuk, Banggai. (Meskipun hanya melalui internet, hehe).

Jika saya berkesempatan mengunjungi Luwuk, Banggai, ada beberapa rencana yang ingin saya lakukan, diantaranya adalah:

1. Melihat Burung Maleo
Burung Maleo adalah burung endemik Sulawesi. Burung ini termasuk burung spesies langka yang dilindungi. Burung ini termasuk jenis burung anti poligami (nah para lelaki bisa belajar dari burungi maleo, #OopsNgacoAh). Untuk bisa melihat burung Maleo ini, kita bisa mengunjungi Suaka margasatwa Bangkirang yang jaraknya 56 Km dari Kota Luwuk. Duuhh.. pasti senang deh kalau bisa berkunjung kesana, secara saya sangat menyukai tempat-tempat seperti suaka margasatwa atau Kebun raya yang banyak binatang-binatangnya. (#Mupeng/ Muka Pengan / pake banget /hehe)

Sumber : google.com

 2. Bermain Air
Cuiihhh ! kayak anak kecil aja jauh-jauh ke Luwuk, Banggai cuma buat main air.
Eits, tunggu dulu ini bukan sembarang main air loh. Ini bermain air yang bersejarah. #Ngeyel. Wkwkwk!

Pantai Kilo Limo bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Unik ya nama pantainya “Kilo Limo” bisa menebak gak, apa artinya? Kilo Limo artinya Lima Kilo nama ini diambil karena pantai hanya berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota. Karena dekat, rekomendasi banget nih buat yang akan jalan-jalan ke Luwuk Banggai.
Disini kita bisa melihat pemandangan dan panorama laut yang akan memanjakan mata kita. Bagi yang suka berburu Sunrise, tempat ini jangan sampai dilewatkan untuk dikunjungi.
Nah yang mau bermain air seperti saya, karena airnya jernih dan tenang, pantai Kilo Limo cocok untuk tempat berenang. Yang gak suka berenang, bisa jalan-jalan sambil menikmati udara segar di sepanjang pantai. #DuhPengenKesana

sumber : banggaikab.go.id

Tempat lain yang bisa dikunjungi untuk bermain air adalah Air Terjun Selodik. Konon katanya ini merupakan objek wisata andalan Luwuk Banggai. Nah Air Terjun ini lah yang bikin saya mupeng jatuh hati ingin  ke Luwuk, Banggai. Saya melihatnya di acara My Trip My Adventure. Secara saya hobby banget jalan-jalan ke wisata air terjun. Di sini aja, di Kabupaten Bogor, karena banyak air terjun , saya jadi betah merantau di Bogor,

 Kembali ke Air Terjun Selodik (lupakan Bogor sejenak, hehe). Wisata Air Terjun Selodik , lokasinya berada di Desa Selodik , Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai.  Lokasi air terjun berada di kaki gunung dengan ketinggian 750-1000 mdpl. Pemadangan sekitar air tejun ini sangat indah. Air terjun yang bertingkat-tingkat yang alami. Pepohonan hijau yang mengelilingi sekitar. Udara yang sejuk dan air yang jernih. Cocok banget nih buat yang ingin kabur dari keramaian kota yang sumpek. Yang suka bemain air, berenang atau sekedar berbasah-basah ria, tempat ini wajib dikunjungi.

sumber : media-cdn.tripadvisor.com

3. Berlari-lari manja
Pernah lihat film seri Teletubis ga? Dulu waktu kecil saya suka banget mantengin film teletubis. #Berpelukan!! Bagi generasi yang lahir antara tahun 80-90an kayaknya tahu deh ya.  Dari video yang saya lihat tentang Luwuk, Banggai di Youtube, Di Luwuk Banggai terdapat bukit yang menyerupai bukit-bukit yang ada di film teletubies. Mirip banget, hamparan bukit, hijau bergelombang indah banget deh liatnya.  Bagi yang suka walking-waking atau ingin berlari-lari manja (#KhayalanSaya) atau hanya sekedar selfie sambil memandangi indahnya pemandangan, tempat ini harus dikunjungi.

sumber: http://lifestyle.okezone.com

4. Berpetualang ala Pirates of The Caribbean
Bagi yang suka berpetualang, seperti Jack Sparrow di Pirates of The Caribbean bisa mengunjungi Pulau Dua. Pulau dua adalah pulau cantik yang ada di Kecamatan Balantak, Kabupaten Banggai. Untuk menuju kesana , bisa menyewa perahu, dan waktu tempuhnya tidak lama hanya 10-15 menit dari pusat kota.

Pulau ini memiliki pemandangan yang indah. Sepanjang pantai ditumbuhi pepohonan yang terlihat eksotis dan ada juga bukit kecil sebagai latarnya. Bagi yang suka diving atau snorkling, tempat ini pas banget deh. Namun kalau hanya ingin cuci mata alias melihat-lihat saja ala-ala Jack Sparrow, bisa berjalan santai menikmati angin pantai. Pasti seru deh jika bisa berkunjung ke Pulau Dua ini.

Sumber : Luwuk Post

5. Memanjakan Lidah dengan Kuliner Khas Luwuk Banggai
Konon katanya, menurut orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke Luwuk, Banggai, ada beberapa kuliner khas Luwuk Banggai yang sayang jika dilewatkan. Alias harus  dicicipi dan dinikmati. Makanan apakah itu?

Milu Siram Ala Luwuk, merupakan makanan yang terbuat dari jagung. Didalamnya biasanya dicampurkan dengan ikan tuna dan diberi daun bawang serta bawang goreng. Oalah, pasti enak nih, mana ikan tuna tuh ikan kesukaan saya. Menurut orang-orang yang sudah merasakan, menyantap Milu Siram ini akan lebih enak jika dimakan dengan kripik atau perkedel

Pisang Lowe, merupakan goreng pisang yang biasa dimakan dengan sambal terasi. Jadi penasaran, bagaimana rasanya. Mau nyoba?kalau saya mau banget, hehe. Kan biasanya pisang dimakan dengan coklat atau keju, ini dengan terasi, pastilah unik rasanya.

Onyop, makanan dengan bahan dasar sagu. Jika dilihat dari penampakannya mirip bubur sagu. Menurut orang-orang yang pernah menikmati onyop, rasanya dan bentukya mirip Papeda, makanan khas papua. Kalau saya sih belum pernah merasakan, pengen lah icic-icip, #Ngarep.

Sumber : kumpulan gambar di google.com

 6. Menyaksikan Tarian Uwe Kantumuan Mami
Indonesia sangat kaya dengan tarian tradisonalnya. Salah satu tarian yang ingin saya saksikan jika berada di Luwuk, Banggai adalah tari tradisioal Uwe Kantumuan Mami. Tarian ini berasal dari Suku Saluan. Tarian yang berarti “Rotan sumber kehidupan kami”. Tarian ini  mengisahkan  cara hidup dan rasa syukur atas melimpahnya luas hutan dan sumber daya rotan yang merupakan mata pencaharian utama  masyarakat suku Saluan.



Pesona Indonesia memang tidak akan ada habisnya untuk diceritakan kepada dunia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Dunia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, memiliki berjuta pesona, alam,  ragam budaya serta kearifan lokalnya. Luwuk Banggai  merupakan satu dari begitu banyak pesona yang ada di timur Indonesia.

Meskipun belum pernah ke Luwuk Banggai, tidak ada salahnya kan mengintip dulu dan mencari informasi tentang Luwuk, Banggai ini. Baru mengintip melalui Om Google aja saya sudah terpesona, apalagi jika bisa benar-benar berada di Luwuk Banggai, pasti akan sangat luar biasa Bangga nya saya jika Berada di Banggai.

Sebagai Penutup, saya ingin menuliskan puisi sederhana untuk Festival Sastra Banggai 2017 (#FSB2017) #LuwukKotaAksara
  
Semakin jatuh cinta dengan bumi Indonesia
Rasa ingin menceritakan pada dunia
Betapa begitu banyak pesona
Di tanah Luwuk Banggai Indonesia


Sumber Referensi:
http://www.mongabay.co.id/2014/09/13/maleo-burung-endemik-sulawesi-yang-masih-menyisakan-teka-teki/
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/luwuk/panduan-wisata-luwuk.html
http://chesachyntia.student.umm.ac.id/2016/08/24/makanan-kota-luwuk-banggai-sulawesi-tengah/
http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/980/suku-saluan-luwuk-sulawesi-tengah
http://www.kompasiana.com/ipe/pesta-adat-tumpe-batui-desember-2012_551ae20e8133116e0c9de2a4
http://lifestyle.okezone.com/read/2017/01/23/406/1598873/tak-kalah-dengan-selandia-baru-indonesia-juga-punya-lho-bukit-teletubbies

11 comments:

  1. Aku pernah 2011 ke Luwuk udah banyak berubah ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik ya udah kesana, kalau saya belum pernah :(

      Delete
    2. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di ��PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL��

      Delete
  2. cakep ya Banggai, suka sama bukit teletabiesnya, semoga someday kita bisa ke sana teh

    ReplyDelete
  3. ya ampun air terjunnya bikin ngiler mbak, indah banget :G Pantai Kilo Limonya jugaaaa indah. Semoga someday kita bisa nginjakin kaki ke luwuk banggai ya mbak. Amin!

    ReplyDelete
  4. Aku liat ini pengen lah makan pisang goreng disambelinnya Mbak :D

    ReplyDelete
  5. Aku juga mimpi ahh, mimpi mau ke Banggai, indah kali ya mbakkkk, pantainya ya Allah ^o^

    ReplyDelete
  6. Pemandanganya top cer banget gan :D

    ReplyDelete