Skip to main content

Kailan bagi Kesehatan dan Kemudahan Menanamnya



Kailan adalah sayuran daun kedua yang saya sukai setelah Pakcoy. Rasa sayuran ini enak di lidah, tidak pahit, terasa segar dan ranum. Saya biasa memasak sayur kailan ini hanya dengan menumis sebentar hingga layu dengan bumbu irisan bawang putih dan sedikit garam. Rasanya sederhana, tapi bisa menambah nafsu makan loh.
                         
Saya sarankan sebaiknya kita mengetahui manfaat dari makanan yang kita makan. Sehingga badan kita tetap sehat dan tidak mudah sakit. Nah ketika saya mulai jatuh cinta dengan sayuran yang satu ini, saya mencari tahu dong manfaatnya.

Nah ini lah beberapa manfaat dari Kailan untuk kesehatan tubuh (http://manfaat.co.id/manfaat-sayur-kailan)
  1. Menurunkan resiko kanker
  2. Membantu menurunkan kolesterol
  3. Baik di konsumsi ibu hamil
  4. Membantu menjaga kesehatan kulit
  5. Membantu menurunkan berat badan
  6. Membantu menjaga kesehatan otak
  7. Membantu menurunkan resiko diabetes
  8. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  9. Membantu mencegah sembelit
  10. Mencegah anemia
  11. Mencegah pembekuan darah
  12. Membantu menjaga kesehatan mata


Ternyata Kailan yang sering saya makan, banyak sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Apakah anda tertarik untuk lebih sering mengkonsumsi Kailan? Kalau saya sih suka banget makan sayur kailan ini.

Nah, karena harga sayuran di pasaran kadang berfluktuasi,  dan juga keamanan pangannya tidak selalu 100%  terjamin, saya menyarankan untuk menanam sendiri Kailan ini. Gampang ko nanamnya. Yang ingin berhemat dan sayuran yang lebih aman, bisa menanamnya sendiri dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Awalnya sayuran Kailan ini tumbuh tanpa sengajan di pekarangan rumah saya. Ada dua tanaman berdaun lebar, mulus permukaan daunnya serta agak mengkilap. Saya sempat mengira ini sejenis tanaman liar atau gulma.  Lalu saya coba bertanya ke beberapa teman, dan mencari tahu melalui internet. Ternyata yang awalnya saya sangka tanaman liar ini adalah sayuran daun yang bernama Kailan. Mungkin Kailan ini tumbuh karena terbawa dari kotoran burung yang jatuh di pekarangan rumah saya. Lumayan juga sih ga usah repot-repot nanam, hehe.

Dari dua tanaman Kailan ini, setiap tiga hari saya bisa memanen daunnya. Lumayan bisa dimasak untuk satu mangkok kecil. Masa hidup tanaman ini cukup lama juga, hampir 6 bulan saya bisa memetik daun dari dua pohon, sampai akhirnya pohon ini mati. Meskipun demikian, karena saya sangat menyukai sayuran ini, saya beberapa kali menanam lagi. Bukan ketidaksengajaan dari burung lagi yah, hehe.

Menanam sendiri Kailan ini  ternyata cukup mudah loh. Prinsipnya hampir sama seperti menanam Pakcoy. Silakan bisa baca disini Manfaat dari Kebaikan Pakcoy dan Kemudahan Menanamnya.
Perawatannya tidak merepotkan, paling sering-sering saja menyiangi gulma yang tumbuh disekitaran Kailan, supaya tidak berebutan nutrisi. Jadi Kailan yang ditanam tumbuh dengan sehat dan subur.


Menanam Kailan sendiri yuk di pekarangan kita, mudah ko ga sulit. Silakan di coba yaaa ...

Comments

  1. Wah teryata banyak juga manfaat Kailan :)

    ReplyDelete
  2. aku pingin nanam apa gitu di rumah, tapi lahannya kok enggak ada. Adapun sedikit dan selalu didiami kucing liar.

    ReplyDelete
  3. Ini kayak hidroponik gitu enggak sih? Belum pernah coba hehe

    ReplyDelete
  4. Ini kayak hidroponik gitu enggak sih? Belum pernah coba hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Alami Menyembuhkan Diare Pada Kucing

Teman-teman pecinta kucing pernah mengalami kucingnya sakit diare kah? Kucing saya pernah nih. Saya punya dua ekor kucing. Yang besar kucing lokal Indonesia, alias kucing kampung dan yang kecil kucing persia.  Yang besar bernama Phiu, adik angkatnya yang kecil bernama Pow .Nih fotonya nampang dibawah... ^_^.

Dulu pertama kali memelihara Phiu, dia sempat terkana diare. Tiga hari berturut-turut intensitas buang airnya sering dan kotorannya berupa cairan, tidak padat seperti kucing  sehat. Kemudian saya membeli obat ke petshop dan dokter hewan disana memberi obat racikan berupa kapsul. Dokter memberi obat buat jatah 3 hari, namun ternyata baru satu kali minum obat, si Phiu sudah sembuh. Phiu kucingnya memang tidak terlalu merepotkan, ketika diberi kapsul obat mencret langsung ditelan. Alhamdulillah sampai sekarang tidak pernah kena diare lagi. Sehat terus ya Phiu .... :*

Cara Alami Menyembuhkan Demam Pada Kucing dengan Madu

Jika kucing yang kita pelihara sakit, lebih baik kita membawanya ke dokter hewan. Karena Dokter Hewan adalah orang yang paling kompeten dan tahu bagaimana cara terbaik untuk menyembuhkan kucing yang sakit. Jika kita memiliki dana yang cukup untuk mengobati kucing, sebaiknya segera diperiksakan saja ke dokter hewan.
Namun jika dana kita terbatas (khususnya saya), saya akan mencoba alternatif lain terlebih dahulu yang memerlukan biaya lebih murah untuk mngobati kucing kesayangan saya. Karena disesuaikan juga dengan kondisi ekonomi saya saat ini.
Melalui tulisan ini saya ingin berbagi dengan teman-teman pecinta kucing ketika kucing saya mengalami sakit. Saya hanya menuliskan berdasarkan pengalaman saja. Saya pernah membawa kucing saya ke Dokter Hewan dan satu kali pemeriksaan ditambah pembelian obat-obatan saat itu menghabiskan uang diatas 200 ribu. Jika hanya setahun sekali atau dua kali, saya masih bisa lah menyisihkan uang untuk biaya perawatan kucing  jika terkena penyakit. Namun jika …

Bangga di Banggai – Mengintip Pesona Luwuk Banggai

Menulis adalah salah satu upaya saya dalam mewujudkan mimpi. Salah satu yang menjadi mimpi saya  adalah bisa menjelajah seluruh pulau yang ada di Indonesia. Yah, minimal seluruh pulau besarnya saja.  Kenapa? Karena Indonesia itu Indah. Kalau ditanya, sudah berapa pulau di Indonesia yang pernah saya kunjungi? Masih bisa dihitung dengan jari sih. Pulau yang pernah saya kunjungi diantaranya Sumatera (Palembang), Bangka, Bali dan Sulawesi (Makassar). Kalau pulau  Jawa  tidak termasuk yah, hehe, karena saya lahir dan besar di Pulau Jawa (Jawa Barat). 
Dulu saya mempunyai cita-cita ingin bekerja  di Kementrian, khususnya kementrian Pertanian. Karena saya beranggapan, jika bekerja di level kementrian, tentunya akan sering melakukan perjalanan dinas, bukan hanya dalam Indonesia, tapi bisa jadi luar Indonesia juga. Terbayang dong  pasti seru bisa bekerja sambil jalan-jalan.#MimpiKaliYeee
Tapi saat ini takdir berkata lain, saya hanya bisa bekerja di daerah selevel Kecamatan. Meskipun demikian sa…